Warning: Creating default object from empty value in /home/chicdb11/public_html/cni-content/modules/config/config.php on line 23

Deprecated: Non-static method DOMDocument::loadHTML() should not be called statically, assuming $this from incompatible context in /home/chicdb11/public_html/cni-system/post.php on line 106

Strict Standards: Only variables should be passed by reference in /home/chicdb11/public_html/cni-system/post.php on line 106

Deprecated: Non-static method DOMDocument::loadHTML() should not be called statically, assuming $this from incompatible context in /home/chicdb11/public_html/cni-system/post.php on line 106

Strict Standards: Only variables should be passed by reference in /home/chicdb11/public_html/cni-system/post.php on line 106

Sexual and Reproductive Health and HIV & AIDS

 

Program kesehatan reproduksi, sebagai bagian dari kesehatan yang holisitik telah menjadi bagian dari mandat CD Bethesda sejak awal berdiri. Namun, program kesehatan reproduksi mulai menjadi fokus utama sejak tahun 2000 melalui penyediaan layanan kesehatan reproduksi, peningkatan kapasitas melalui berbagai pelatihan dan penerbitan buku mengenai HIV-AIDS.

Pada tahun 2005, CD Bethesda memutuskan untuk mulai membantu program pasien HIV/AIDS, karena tingginya penyakit ini di Indonesia, meliputi di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Melihat faktor risiko, HIV-AIDS tidak hanya menjadi sangat berisiko di kalangan perempuan pekerja seks, namun remaja dan orang dari banyak profesi dan ragam identitas juga berisiko terinfeksi virus yang mematikan ini, terutama karena penggunaan narkoba suntik sudah semakin menjadi tren.

Mulai tahun 2015, program pelayanan HIV-AIDS berfokus di 3 wilayah baru yaitu di Propinsi Nusa Tenggara Timur di Kabupaten Alor, Kabupaten Malaka dan Kabupaten Sumba Timur.

Mulai tahun 2013, CD Bethesda mengembangkan layanan kesehatan seksual dan reproduksi dengan penerima manfaat utama adalah remaja berusia 10-24 tahun, bersama dengan jaringan Aliansi Satu Visi dan Sobat ASK.

Apa saja jenis pelayanan kesehatan reproduksi bagi remaja yang diberikan?

Sesuai dengan slogan CD Bethesda yaitu ‚ÄúRumah Sakit Tanpa Dinding‚ÄĚ, pelayanan diberikan tidak hanya di dalam klinik tetapi juga menjangkau remaja secara langsung melalui kerja sama dengan puskesmas, sekolah dan tentu saja organisasi atau komunitas remaja dari berbagai ragam identitas.

Layanan konseling dapat diakses kapanpun tidak hanya secara langsung atau tatap muka tetapi bisa juga melalui layanan pesan singkat atau SMS di nomor 085729843919 kapan pun. Konseling tidak hanya melayani konsultasi tetapi juga bagi yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai kehamilan, penyakit menular dan HIV-AIDS, perawatan organ reproduksi, menstruasi, pacaran sehat, kanker leher rahim atau kanker serviks, dan masih banyak lagi isu di seputar kesehatan seksual dan reproduksi, bisa SMS ke nomor tersebut. Layanan konseling ini dilakukan oleh konselor sebaya terlatih dan bidan sehingga informasi dan konsultasi yang dilakukan berkualitas.

Layanan berikutnya adalah pendampingan klien dan home care. Layanan ini lebih banyak ditujukan bagi mereka yang membutuhkan pendampingan kesehatan reproduksi seperti perawatan di masa kehamilan (ante natal care) dan/atau klien dengan HIV-AIDS, tetapi karena beberapa alasan tidak dapat mengakses layanan kesehatan statis di puskesmas, klinik atau RS. Layanan mobile ini penting karena masih banyak dinding pembatas antara remaja yang membutuhkan dan sulit terjangkau dengan akses layanan kesehatan. Salah satunya adalah stigma tidak hanya di masyarakat luas tetapi juga di kalangan penyedia layanan kesehatan sendiri masih banyak yang belum bisa memberikan pelayanan yang ramah remaja.

Khusus bagi klien remaja dengan HIV-AIDS, layanan home care dan pendampingan individu mencakup layanan perawatan dukungan dan pengobatan (Care Support and Treatment - CST), antara lain dukungan pembiayaan pengobatan penyakit penyerta (infeksi oportunistik), rujukan ARV dan pendampingan kepatuhan minum obat (adherence), dll. Layanan yang berbasis dukungan klinik statis akan dilayani di Klinik Philia RS Bethesda Yogyakarta.

Klinik Philia adalah klinik yang didirikan khusus untuk melayani kebutuhan kesehatan terkait HIV-AIDS sebagai bagian dari komitmen RS Bethesda untuk pencegahan dan perawatan khususnya bagi pasien dengan HIV dan masyarakat luas pada umumnya. RS Bethesda bersama CD Bethesda juga memiliki layanan konseling dan test sukarela atau voluntary counseling and testing (VCT) baik layanan statis di Klinik Philia maupun VCT mobile di wilayah dampingan bekerja sama dengan dinas kesehatan baik secara langsung maupun bersama puskesmas. Sementara ini, dengan dukungan dari Global Fund, VCT masih dapat diakses secara cuma-cuma. Jadi tunggu apalagi, sadari perilaku berisiko dan periksa, karena HIV tidak dapat diketahui hanya dengan melihat kondisi fisik saja.

Selain itu ada juga dukungan bagi remaja perempuan dengan HIV di masa kehamilan dan persalinan untuk program Pencegahan Penularan dari Ibu ke Anak (PPIA) bekerja sama dengan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Untuk Program PPIA ini CD Bethesda menerima pasien rujukan dari puskesmas LKB (layanan komprehensif berkelanjutan) yang melakukan screening HIV pada ibu hamil.

Bagi klien berisiko, layanan untuk pencegahan penyakit menular seksual termasuk HIV-AIDS adalah penyediaan kondom. Kondom berperan sebagai dinding penghambat agar tidak terjadi pertukaran cairan, seperti darah, cairan mani atau cairan vagina yang dapat menjadi inang untuk virus seperti HIV sehingga dapat menularkan ke orang lain. Dukungan bagi klien dengan HIV tidak berhenti pada pendampingan individu dan medis saja, tetapi juga dapat diperoleh dari Kelompok Dukungan Sebaya (KDS).

Jika ingin tahu lebih jauh mengenai kesehatan seksual dan reproduksi, termasuk HIV-AIDS jangan ragu untuk mengakses informasi juga melalui www.facebook.com/cdbethesda dan @CDBethesda (twitter).

Jenis layanan Kesehatan Reproduksi bagi remaja usia 10-24 tahun (mobile dan outreach) yang dilayani di kantor CD Bethesda, antara lain:

  1. Konseling & Konsultasi
  2. Langsung/tatap muka
  3. SMS
  4. Pendampingan klien & home care
  5. Permintaan VCT mobile
  6. Outlet kondom laki-laki

Sedangkan bagi pasien baik remaja maupun usia lainnya yang ingin mengakses layanan kesehatan reproduksi khusus mengenai HIV-AIDS, dapat menghubungi Klinik Philia di RS Bethesda Yogyakarta, Jl. Jendral Sudirman 70 Yogyakarta. Jenis Layanan Kesehatan Reproduksi (statis) yang tersedia adalah:

  1. VCT
  2. CST
  3. IMS
  4. Konseling - Konsultasi