Notice: Undefined property: System::$pageID in /home/chicdb11/public_html/cni-system/system.php on line 1167

8 Hal yang Harus Kamu Tahu!!

By Admin | Thursday, 22 November 2015 | 942 views

Masa remaja, merupakan masa-masa yang menentukan masa depannya. Kegiatan yang dilakukan pada masa ini mampu mempengaruhi apa yang akan terjadi pada dirinya nanti, salah satunya adalah masalah kesehatan. Semua yang akan dialami di masa tuanya, bisa ditentukan dari kebiasaan pada masa remaja. Hal-hal berikut merupakan kebiasaan yang sering dilakukan yang bisa berakibat buruk bahkan fatal.

  1. Begadang

Manusia membutuhkan setidaknya 7-8 jam untuk tidur, tidur berkualitas berguna untuk meregenerasi sel-sel dalam tubuh kita, supaya dapat bekerja maksimal lagi. Kebiasaan begadang tau tidur terlalu larut malam dapat menyebabkan masalah kesehatan karena organ yang seharusnya sudah istirahat masih harus bekerja diantaranya menrunnya kekebalan tubuh, konsentrasi, menurunnya daya ingat, dan lain sebagainya.

  1. Merokok

Imbauan pemerintah yang ada di setiap bungkus rokok yang mengatakan bahwa, "Merokok dapat Menyebabkan Impotensi dan Gangguan Kehamilan dan Janin". Itu bukanlah isapan jempol belaka. Para ahli telah meneliti bahwa zat-zat beracun dan berbahaya yang terkandung di dalam setiap batang rokok dapat menyumbat aliran darah ke jantung dan menghambat peredaran oksigen dalam darah yang menutrisi seluruh tubuh.

3.      Menggunakan celana dalam terlalu ketat

Menggunakan celana dalam terlalu ketat dapat menghambat sirkulasi udara dan sirkulasi darah di sekitar organ reproduksi, bagi remaja laki-laki dapat mempengaruhi produksi sel sperma, bagi perempuan kurangnya sirkulasi udara dapat menyebabkan organ reproduksi lembab, sehingga bisa mempermudah pertumbuhan jamur yang dapat mengakibatkan keputihan.

4.      Mengkonsumsi Napza

Narkoba adalah zat yang sangat berbahaya bagi tubuh, mereka yang menjadi pencandunya kebanyakan mengalami ketidaksuburan pada organ reproduksinya, sehingga sangat sulit untuk bisa memiliki keturunan.

5.      Gadget

Menggunakan gadget seperti smarthphone, laptop dan lain sebagainya yang terlalu lama dapat berpengaruh ke mata, karena radiasi yang ditimbulkan. Menyimpan samrthphone  di saku celana dekat dengan organ reproduksi terlalu lama juga bisa berpengaruh ke kesehatan organ reproduksi.

6.      Mengabaikan Kebersihan Organ Reproduksi

Penyakit keputihan pada wanita sering kali terjadi karena kurang menjaga kebersihan pada organ reproduksi, kemungkinan terlalu sering menggunakan celana dalam yang sama dalam jangka waktu lama atau tidak rutin mengganti pembalut. Membersihakan oragan intimkemudian tidak dikeringkan juga dapat memicu pertumbuhan bakteri karena lembab. Terlalu sering memakai wewangian pada organ intim juga dapat menjadi salah satu penyebabnya.

7.      Mengkonsumsi makanan cepat saji / junk food

Makanan cepat saji atau junk food mengandung berbagai zat kimia dan lemak jenuh, makanan ini mengandung sedikit gizi yang diperlukan oleh tubuh. Remaja membutuhkan nutrisi dari makanan segar seperti sayur, buah sebagai sumber vitamin, mineral dan serat, serta protein hewani maupun nabati.

8.      Kurang olah raga

Alam merancang tubuh manusia untuk aktif secara fisik atau bergerak, sehingga gaya hidup buruk kurang gerak bisa meminta banyak dari kesehatan Anda. - See more at: Kurang olah raga dapat mengakibatkan menurunnnya proses metabolisme tubuh manusia,  kebiasaan duduk yang terlalu lama yang biasa dilakukan oleh mereka yang bekerja di perkantoran dapat memengaruhi kesehatan organ reproduksinya. Duduk terlalu lama akan menyebabkan pasokan oksigen dalam darah yang menuju ke organ-organ reproduksi mengalami gangguan, sehingga kualitas sperma dan sel telur menjadi buruk.