Notice: Undefined property: System::$pageID in /home/chicdb11/public_html/cni-system/system.php on line 1167

Layanan Kesehatan Ramah Remaja

By Admin | Wednesday, 21 November 2015 | 1440 views

Layanan Kesehatan Ramah Remaja

 

Layanan kesehatan ramah remja, merupakan layanan kesehatan yang diperuntukan bagi remaja, yang berhubungan dengan kesehatan seksual dan reproduksi. Dikenal dengan nama Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR), merupakan program yang dibentuk oleh pemerintah yang diampu oleh  Dinas Kesehatan di tingkat Kabupaten/Kota, dikoordinasi oleh Dinkes tingkat Provinsi, untuk melayani kesehatan remaja. Program ini secara resmi telah berjalan sejak tahun 2003, kemudian dilaksanakan oleh Puskesmas.

 

Menurut WHO (2003), pada dasarnya layanan kesehatan ramah remaja adalah layanan kesehatan yang dapat terakses oleh semua golongan remaja, layak, dapat diterima, komprehensif, efektif dan efisien. Sehingga memerlukan karakteristik berikut:

  1. Kebijakan yang peduli remaja, antara lain: memenuhi hak remaja; mengakomodasi semua populasi remaja tanpa memandang status, etnisitas, kecacatan; memperhatikan keadilan gender; menjamin privasi/kerahasiaan; mempromosikan kemandirian remaja termasuk tidak mensyaratkan persetujuan orang tua dan memberikan kebebasan berkunjung; serta menjamin biaya yang terjangkau atau gratis.
  2. Prosedur pelayanan yang peduli remaja, antara lain: menjaga aspek kerahasiaan; waktu tunggu yang pendek; dapat berkunjung tanpa perjanjian terlebih dahulu.
  3. Petugas khusus yang peduli remaja, antara lain: menunjukkan sikap menghargai, penuh perhatian, peduli, memiliki motivasi untuk bekerja sama dengan remaja, tidak menghakimi, tidak bersikap dan berkomentar yang tidak menyenangkan atau merendahkan, mampu menjaga kerahasiaan, bersedia memberikan waktu sesuai kebutuhan remaja termasuk pada saat kunjungan ulang, dan dapat memberikan informasi dan dukungan yang dibutuhkan remaja dengan jelas, tepat dan lengkap.
  4. Petugas pendukung yang peduli remaja, antara lain: menunjukkan sikap menghargai, memiliki motivasi untuk bekerja sama dengan remaja, tidak bersikap dan berkomentar yang tidak menyenangkan atau merendahkan, memiliki kompetensi sesuai bidangnya.
  5. Fasilitas kesehatan yang peduli remaja, antara lain: lingkungan yang aman, lokasi yang nyaman dan mudah dicapai, fasilitas yang baik dan menjamin privasi atau kerahasiaan, jam kerja yang nyaman, tidak adanya stigma dan tersedia materi komunikasi-informasi-edukasi yang mendukung.
  6. Partisipasi/keterlibatan remaja, antara lain: remaja mendapat informasi yang jelas tentang pelayanan termasuk cara mendapatkan pelayanan, kemudian membantu menyebarluaskan; remaja dimotivasi menghargai hak orang lain dan haknya sendiri; remaja perlu dilibatkan secara aktif dalam perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pelayanan.
  7. Keterlibatan masyarakat, antara lain: mengetahui keberadaan pelayanan tersebut dan menghargai nilainya; mendukung kegiatan dan membantu meningkatkan mutu pelayanannya.
  8. Berbasis masyarakat, menjangkau ke luar gedung serta mengupayakan pelayanan sebaya.
  9. Pelayanan harus sesuai dan komprehensif, antara lain: menyediakan paket komprehensif dan rujukan ke pelayanan terkait remaja lainnya; menyederhanakan proses pelayanan, meniadakan prosedur yang tidak penting.
  10. Pelayanan yang efektif, antara lain: memiliki pedoman dan prosedur tetap penatalaksanaan yang sudah teruji; memiliki sarana dan prasarana cukup; serta mempunyai sistem jaminan mutu bagi pelayanannya.
  11. Pelayanan yang efisien, antara lain memiliki sistem informasi manajemen termasuk tentang biaya dan pemanfaatan informasi.

 

Beberapa Puskesmas di Jogjakarta juga sudah menyediakan layanan kesehatan ramah remaja, diantaranya adalah :

  1. Puskesmas Gondokusuman 1 (Kota Yogyakarta)
  2. Puskesmas Gondokusuman 2 (Kota Yogyakarta)
  3. Puskesmas Mantrijeron (Kota Yogyakarta)
  4. Puskesmas Mergangsan (Kota Yogyakarta)
  5. Puskesmas Gedong Tengen (Kota Yogyakarta)
  6. Puskesmas  Tegalrejo (Kota Yogyakarta)
  7. Puskesmas Umbulharjo 1 (Kota Yogyakarta)
  8. Puskesmas Wirobrajan (Kota Yogyakarta)
  9. Puskesmas Patuk 1 (Gunung Kidul)
  10. Puskesmas Panggang 1 (Gunung Kidul)
  11. Puskesmas Panggang 2 (Gunung Kidul)
  12. Puskesmas Playen (Gunung Kidul)
  13. Puskesmas Temon 1 ( Kulonprogo)
  14. Puskesmas Temon 2 (Kulonprogo)

 

Contoh layanan yang harus disediakan adalah layanan VCT atau tes HIV, pengobatan IMS, layanan umum, konseling remaja, dan kontrasepsi bagi remaja, KIA dan kebutuhan remaja lainnya. Dengan adanya layanan kesehatan ramah remaja ini diharapkan setiap remaja bisa mengakses informasi maupun layanan kesehtan terkait kesehatan reproduksi, keluhan remaja seperti IMS (Infeksi menular seksual) dan KTD (kehamilan tidak diinginkan) bisa teratasi.